SELAMAT DATANG DI BLOG KUA KECAMATAN PIYUNGAN KAB. BANTUL

Jumat, 16 Desember 2011

Software Konversi Derajat ke Desimal dan sebaliknya

Bermula dari kebingungan ketika akan menginput data kemasjidan pada aplikasi SIMKAH. Untuk mengisi data pada kolom latitude dan longtitude, saya berusaha melihat data posisi geografis masjid yang terdapat pada Sertifikat Arah Kiblat. ternyata saya keliru memahami antara derajat yang ada di sertifikat tersebut dengan desimal yang ada di google maps. Hasilnya tentu melenceng sangat jauh.



setelah dapat penjelasan dari kawan akhirnya terbersit untuk mencoba Googling cara merubah derajat ke desimal atau sebaliknya. karena kalau mau menghitung sendiri masih belum bisa sebab belum pernah diklat Hisab Ru'Yat maupun penghitungan Arah Kiblat. Hasilnya saya menemukan sebuah software sederhana untuk mengkonversi derajat ke desimal atau sebaliknya.


screenshoot aplikasinya seperti tampak pada gambar disamping.


setelah saya mencoba mengkonversi derajat yang ada di Sertifikat Arah Kiblat kemudian hasilnya saya coba cari di google maps hasilnya memang masih belum akurat. ada pergeseran sekian puluh meter khususnya untuk garis bujur. saya masih belum tahu apakah data derajatnya yang keliru atau memang aplikasi konverternya yang tidak akurat.


Berminat untuk mencoba aplikasi ini silahkan download di sini

0 komentar:

Posting Komentar